Tanda Tanya vs Tanda Seru

Tanda Tanya vs Tanda Seru
Untuk menuliskan kalimat pertanyaan, pada awalnya orang harus menuliskan kata "Questio" di akhir kalimat. Nah, untuk menghemat tempat, kata tersebut akhirnya disingkat menjadi qo, yang kemudian disingkat lagi menjadi huruf q kecil diatas huruf o. Lama-kelamaan simbol q diatas o ini berubah menjadi tanda tanya seperti sekarang. Nggak jauh berbeda dengan tanda tanya, tanda seru awalnya juga dimulai dengan menumpuk huruf. Tanda ini berasal dari kata dalam bahasa Latin "io" yang berarti "seruan kegembiraan". Ketika huruf i ditulis diatas huruf o, simbol inipun kemudian disingkat seperti tanda seru sekarang ini.

Related Posts:

Lebaran Topat di Lombok

Lombok, selain terkenal dengan keindahan alam, mutiara, dan kerajinan gerabah Banyumulek, juga memiliki banyak tradisi unik, salah satunya adalah Lebaran topat.


Lebaran Topat di Lombok
foto: liburanmurahlombok.com


Lebaran Topat merupakan tradisi warga Lombok yang digelar setelah enam hari dari Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini merupakan tradisi leluhur di Lombok yang sudah ada ratusan tahun lalu. Lebaran topat sendiri berasal dari kata Lebaran Ketupat yang menjadi ciri khas masyarakat Indonesia saat Lebaran tiba.

Ketupat sendiri menjadi bagian penting dari tradisi Lebaran Topat. Dengan bentuk persegi empat, ketupat merupakan cermin filosofi dari manusia yang terdiri dari air, tanah, api dan angin.

Pelaksanaan Lebaran Topat dimulai dari Makam Loang Baloq yang berlokasi di sebelah Pantai Tanjung Karang. Di sana, warga akan memanjatkan doa dan mencuci muka di makam keramat tersebut. Kegitan tersebut juga dilakukan di Makam Bintaro. Lokasi dua makam tersebut merupakan makam bersejarah di pulau Lombok.

Saat datang ke makam, para peziarah membawa bekal masing-masing, seperti plecing kangkung, ayam, daging, opor telur, sayur paku dan pakis, urap, dan tidak lupa pula ketupat.Perbekalan tersebut akan dimakan bersama di halaman sekitar makam. Kemudian dilanjutkan dengan menyusuri tepian pantai sambil membawa ketupat dari Pantai Bintaro sampai Pantai Tanjung Karang.

Tidak sampai di situ, tradisi ini dilanjutkan dengan tradisi yang juga unik di Lombok, yaitu tradisi Perang Topat. Perang topat merupakan cerminan kerukunan umat Islam dan Hindu di Lombok. Dalam perang topat ini, umat Muslim dan Hindu menggunakan pakaian adat Sasak dan Bali saling lempar ketupat.

Perang Topat sendiri merupakan ungkapan rasa syukur atas keselamatan, sekaligus memohon berkah kepada Sang Pencipta. Upacara tersebut dilakukan di Pura Lingsar, Lombok Barat. Bagaimana? Tertarik untuk menyaksikan tradisi unik ini? Yuk, ke Lombok :)

Related Posts:

Penciptaan Alam Semesta dan Kaitannya dengan Ayat Al-Qur’an

BAB III
PENCIPTAAN ALAM SEMESTA DAN AYAT AL QURAN
A.    Teori Big Bang dalan Al-Qur’an
Bumi Pernah Berpdu dengan Langit
Proses kelahiran alam semesta telah dimulai sejak sekitar 18 miliyar tahun yang lalu. Sebelum terjadinya ledakan kosmis yang sangat dasyat dari sebuh titik singularitas atau dikenal dengan peristiwa big bang.
Pristiwa big bang telah dikemukakan oleh George Lemaitre dan Stephen Hawking pada tahun 198-an yang menjelaskan kejadian awal alam semesta. Teori tersebut menjelaskan bahwa alam semesta awalnya terdiri dari sebuah titik yang sangat rapat, padat dan panas, yang disebut titik singularitas. Sebuah titik yang tidak terdefinisi. Dari titik inilh sebuah ledakan maha dasyat (big bang) terjadi dan membentuk atom-atom hydrogen (H), helium (He), proton, electron, dan neutron dalam hitungan menit. Sejak terjadinya ledakan itu bintang-bintang, proto-proto galaksi dn galaksi mulai terbentuk. Selanjutnya alam semesta mengembang dan berangsur dingin.
            Allah telah menjelaskan kejadian tersebut dalam Al-Qur’an
أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ

Artinya : "Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS Al-Anbiya' : 30)
Ternyata Al-qur’an telah menyajkan informasi yang sangat akurat bahwa pada awalnya langit dan bumi itu memang perpadu dalam satu titik singularitas sebagai asal segala yang ada di jagat raya
.
B.     Teori Hubble dalam Al-Qur’an
Alam Semesta Mengembang
Dalam      Al  Qur'an,    yang    diturunkan     14   abad   silam    di  saat   ilmu astronomi masih terbelakang,      mengembangnya          alam     semesta digambarkan sebagaimana berikut ini:
وَالسَّمَاءَ بَنَيْنَاهَا بِأَيْدٍ وَإِنَّا لَمُوسِعُونَ
"Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya." (Al Qur'an, 51:47)
Kata "langit", sebagaimana dinyatakan dalam ayat ini, digunakan di banyak tempat   dalam Al-Qur'an dengan makna luar angkasa dan alam semesta.Di sini sekali lagi, kata tersebut   digunakan dengan arti ini. Dengan kata lain, dalam AlQur'an dikatakan bahwa alam semesta "mengalami perluasan atau mengembang". Dan inilah yangkesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini.
Hingga awal abad ke-20, satu-satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa   permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi   modern, mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus-menerus "mengembang".
Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa    bergerak dan mengembang. Sejak terjadinya peristiwa Big Bang, alam semesta telah mengembang secara Fakta ini dibuktikan  juga dengan menggunakan data pengamatan terus-menerus pada tahun 1929. Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom Amerika, menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling   menjauhi.   Sebuah   alam peristiwa mengembangnya semesta, di mana segala sesuatunya terus bergerak menjauhi satu sama lain,  berarti   bahwa    alam    semesta     tersebut    terus-menerus "mengembang" Pengamatan yang dilakukan di   tahun-tahun  berikutnya memperkokoh fakta   bahwa    alam  semesta terus   mengembang. Kenyataan ini diterangkan dalam Al Qur'an pada saat tak seorang pun mengetahuinya. Ini dikarenakan Al-Qur'an adalah firman Allah, Sang Pencipta, dan Pengatur keseluruhan alam semesta.
Soejoeti (1998:258) menyatakan bahwa Jagat Raya merupakan suatu pencerminan dari sifat Allah SWT yang tidak terbatas, dan bahwa Jagat Raya ini masih dalam keadaan yang mengembang. Yahya (2008:4) menambahkan fakta mengenai bukti lama semesta yang mengembang. Pada tahun 1929, Edwin Hubble  melakukan pengamatan terhadap alam semesta dengan menggunakan teleskop raksasanya. Hubble secara teoritis menghitung bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang, dengan galaksi yang saling menjauh satu sama lain.
Hal ini dapat diketahui melalui spectrum warna. Dalam ilmu fisika jarak pada bintang dapat diketahui dengan mengetahui warna bintang yang diamati. Ahli Fisika menyatakan bahwa bintang yang lebih dekat dari tempat pengamatan mempunyai warna lebih ungu, sedangkan cahaya yang menjauhi titik pengamatan akan semakin merah. Dalam pengamatannya Hubble mendapatkan hasil pengamatan bahwa kecenderungan bintang untuk berubah kearah lebih merah. Singkatnya bintang-bintang bergerak menjauh dan semakin jauh tiap saat. Bintang dan galaksi tidak hanya bergerak menjauhi kita, tetapi galaksi bergerak menjauh satu sama lain.
Seperti yang telah dijelaskan dalam Q.S. Al-Ambiya’,21:104 bahwa alam semesta ini awalnya merupakan satu titik materi yang kemudian meledak dengan dentuman yang dasyat. Setelah meledak pecahan materi ini terus mengembang dan menjauh dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hahya (2008:5) para ahli menyatakan bahwa ketika masa jagat raya ini mencapai tingkat yang memadai, pengembangan ini akan berakhir dan mengakibatkan alam semesta runtuh dengan sendirinya.
Berdasarkan pengamatan para ahli, alam semesta mengembang dengan laju percepatan yang sangat mengherankan dan menabjubkan setelah proses pembentukannya. Salah satu carauntuk mengerti konsep pengembangan alam semester. Adalah dengan menggambar titik-titik sebagai perumpamaan galaksi-galaksi di atas sebuah balon. Ketika balon tersebut ditiup setiap titik kan bergerak saling menjauh.
Bila seseorang melihat alam semesta dari sebuah galaksi, semua galaksi akan terlihat saling menjauh. Galaksi yang jauh akan terlihat semakin mejauh satu sama lain lebih cepat dibandingkan dengan galaksi yang lebih dekat. Itulah penjelasan hukum Hubble.
Beberapa ahli astronomi percaya bahwa perluasan atau pengembangan alam semesta akan terus berlanjut, sedangkan beberapa ahli yang lainnya meyakini suatu saat nanti alam semesta akan mulai mengkerut. Dalam l-Qur’an Allah memaparkan
                  
Artinya:
“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuatan dan Kamilah yang meluaskannya.”(Q.S Adz-Dzariyat 51:47)
Proses hancurnya jagat raya ini di dalam ilmu pengetahuan dikenal dengan big crunch (keruntuhan total). Peristiwa ini yang menyebabkan tamaytnya riwayat segala jenis kehidupan yang dikenal. Di dalam Al-Qur’an Surat Al-Ambiya’ ayat 104 dituliskan bahwa langit akan kembali digulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Allah SWT telah memulai penciptaannya pertama, begitulah Allah SWT akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Allah SWT tepati.
Namun ada satu hal yang masih menjadi pertanyaan. Seperti yang dijelaskan di dalam ayat di atas, bahwa bumi dan langit akan kembali digulung seperti awal penciptaannya. Jika kita menggap bahwa jagat raya ini berasal dari sebuah materi yang meledak, maka kita tidak dapat membayangkan bahwa jagat raya ini berada pada satu bidang datar. Pada hakikatnya jika sebuah materi terus mengembang dan bergerak saling menjauh dan berada pada satu bidang datar, maka penggulungan jagar raya menjadi satu yang padu kembali merupakan hal yang mustahil menurut pemikiran saat ini. Jadi akan sangat mungkin jika alam semesta ini berbentuk melengkung, sehingga pada satu titik akan saling bertabtakan dan menjadi satu materi kenbali.
Menurut teori big crunch alam semesta akan kembali menjadi seperti awal penciptaanya dengan kerapatan yang sangat tinggi. Pada akhir alam semesta, jagat raya ini akan semakin panas dan mengecil hingga ukuran yang takterhingga. Teori ilmiah tersebut sejalan dengan penjelasan yang ada di dalam ayat Al-Qur’an.
يَوْمَ نَطْوِي السَّمَاءَ كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِ كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُعِيدُهُ وَعْدًا عَلَيْنَا إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ (١٠٤)
(Yaitu) pada hari Kami menggulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah janji yang pasti Kami tepati;sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. (QS. 21:104)
C.    Langit dan Bumi Tercipta dalam 6 Masa
Allah SWT dalam Al-Qur’an tidak pernah mengatakan kalimat: ”kami ciptakan bumi dan langit” tapi Allah mengucapkan “Kami ciptakan langit dan bumi”
Urutan penyebutan kata-kata tersebut menunjukkan urutan penciptaan alam semesta. Kenyataannya memang langit tercipta lebih dahulu, baru bumi tercipta yang merupakan bagian dari triliunan planet yang tersebar di langit.
            Dalam ayat di bawah ini Allah menjelaskan tahap atau masa penciptaan langit dan bumi.
اللَّهُالَّذِيخَلَقَال سَّمَاوَاتِوَالْأَرْضَوَمَابَيْنَهُمَافِي سِتَّةِ أَيَّامٍثُمَّاسْتَوَىعَلَىالْعَرْشِ مَالَكُم مِّندُونِهِ مِنوَلِيٍّوَلَا شَفِيعٍأَفَلَاتَتَذَكَّرُونَ
          Allahlah yang menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dalam
          enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas Arsy. Tidak ada bagi kamu selain daripada
         -Nya seorang penolongpun dan tidak (pula) seorang pemberi syafaat. Maka apakah kamu
          tidak memperhatikan?
         (QS. 32:4)
قُلْأَئِنَّكُمْلَتَكْفُرُونَبِالَّذِيخَلَقَالْأَرْضَفِييَوْمَيْنِوَتَجْعَلُونَلَهُأَندَادًاذَلِكَرَبُّ الْعَالَمِينَ
          Katakanlah: `Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam
          dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya (Yang bersifat) demikian itulah Rabb
        semesta alam`. (QS. 41:9)
      
Dengan menggabungkan informasi dari dua ayat tersebut dan data sains tentang umur bumi, kita dapat memperkirakan berapa umur langir dengan menggunakan matematika sederhana berikut.
Analogi:
Allah SWT menciptakan langit dan bumi dalam enam masa (Q.S. As-sajdah:4) serta menciptakan bumi dalam dua masa (Q.S. Fishilat:9). Berdasarkan umur meteorit tertua yang ditemuka di bumi, para geologi menyatakan bahwa umur bumi adalah 4,56x109 tahun.
Perbandingan umur bumi dan langit adalah 2:6 = 1:3. Umur langit = 3x 4,56x109 tahun=13,68x109 tahun.
Versi sains menyatakan ,menyatakan bahwa umur alam semesta sejak peristiwa big bang adalah 13,7x109 tahun. Terdapat perbedaan selisih 20 jut tahun antara perhitungan versi al-qur’an dan sains, namun perbedaan ini dapat di toleransi dalam perhitungan kosmologi. Ternyata firman-firmn Allah menjelaskan umur langit dan bumi dengan cukup akurat..
D.    Daratan dan Lautan.
Allah SWT menyebut kata “daratan” al-barr di dalam Al-Qur’an sebanyak6 kali.                Dan kata “lautan” al-bahr sebanyk 19 kali. Dengan perbandingan didapat perbandingannya adalah 6:19 atau 1:3,16. Penyebutan tersebut menyebutkn perbandingan kurang lebih 24%:76% antara luas daratan dan lautan di muka bumi ini.
Dalam Al-Qur’an selalu disebut kata daratan terlebih duhulu sebelum kata lautan. Seperti pada ayat ini
وَعِنْدَهُ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لا يَعْلَمُهَا إِلا هُوَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَرَقَةٍ إِلا يَعْلَمُهَا وَلا حَبَّةٍ فِي ظُلُمَاتِ الأرْضِ وَلا رَطْبٍ وَلا يَابِسٍ إِلا فِي كِتَابٍ مُبِينٍ (٥٩)
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). (QS. 6:59)
Urutan penyebutan daratan dan lautan menunjukan bahwa daratan lebih dahulu diciptakan daripada lautan. Dan ternyata perbabdingan jumlah penyebutan kata daratan dan lautan dalam al-qur’an hampir sama dengan perbandingan luas daratan dan lautan menurut sains
BAB III
PENUTUP
A.  KESIMPULAN
Al-Qur’an merupakan sumber ilmu pengtahuan dan berbagai ilmu kehidupan. Al-Qur’an bukanlah sumber seperti buku ilmu pengetahuan pada umumnya. Al-Qur’an hanya menjelaskan mengenai pokok-pokok yang sangat penting dari ilmu pengetahuan. Pokok-pokok yang terdapat di dalam ayat Al-Qur’an merupakan kunci yang harus dicari kelengkapannya, sehingga ilmu pengetahuan dapat diketahui dengan lebih mendalam.
Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan mengenai proses terciptanya alam semesta yang mempunyai proses yang sama dengan awal penciptaannya. Hal ini telah ada di dalam ayat Al-Quran sekitar 14 abad yang lalu di dalam Q.S. Az-Zumar, 39:67. Dengan demikian ketinggian isi Al-Qur’an merupakan referensi yang mendukung kemajuan ilmu pengetahuan.
Membahas mengenai hubungan antara Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan bukanlah dengan melihat bayaknya cabang ilmu pengetahuan yang terdapat pada ayat Al-Qur’an, bukan pula dengan menunjukkan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menunjukkan kebenaran dari teori ilmiah. Tetapi pembahasan hendaknya ditujukan kepada kesucian dan ketinggian Al-Qur’an sesuai dengan logika ilmu pengetahuan.
Al-Qur’an merupakan kitab yang tetap dan tidak berubah sejak awal diturunkan, karena Allah sendiri yang menjaganya. Pada saat ini jika terdapat ketidak sesuaian antara ilmu pengetahuan dan ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an, maka ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama pemahaman kita tentang ayat Al-Qur’an yang belum benar, atau kedua ilmu pengetahuan belum dapat mengungkapkan segala yang terjadi di alam semesta.
B.  SARAN
      
       Membahas Al-Qur’an tidak sama dengan membahas buku ilmu pengetahuan lain. Ketinggian bahasa Al-Qur’an membuat kita harus benar-benar mengkajinya sehingga di dapatkan kebenaran mengenai segala proses yang terdapat di alam. Untuk itu diharapkan melalui makalah ini para pembaca dapat tergerak hatinya untuk menggali dan mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Al-Qur’an tidak hanya menjadi satu formalitas, namun juga memiliki ruh dan keterikatan yang kuat dengan kita.
Umat Islam dalam upaya mendalami Al-Quran dapat memadukan ilmu pengetahuan          dengan ayat-ayat Al-Qur’an, haruslah diiringi dengan memaksimalkan penggunaan akal dan pikiran atau disebit juga dengan bernalar, sehingga akan melahirkan muslim yang beriman dan memiliki ilmu pengetahuan yang luas. Jika dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang dilandaskan pada Al-Qur’an terdapat timpangan, maka akan di dapatkan salah satu dari dua penyebab yaitu kekurangan dalam mengartikan ayat Al-wur’an dengan benar atau ilmu pengetahuan belum dapat membahas apa yang dimaksud di dalam Al-Qur’an. Akhirnya penulis berharap semoga melalui makalah ini para pembaca dapat tersentuh hatinya sehingga dalam kehidupan dan penerapannya akan melahirkan muslim yang seutuhnya.

Related Posts:

TABOT (TABUIK), PERAYAAN ISLAM YANG TIDAK ISLAMI


                                                                                   
Baru saja kita melewati tahun baru islam, tahun baru hijriyah. Ada berbagai acara yang di lakukan dalam rangka menyambut hari besar ini seperti pawai obor, istighazah, dan khitan massal namun di daerah Bengkulu dan Pariaman (Sumatra Barat) momen ini dirayakan agak berbeda, yaitu dengan perayaan Tabot (tabuik).
Tanggal 10 Muharam merupakan saat yang dinanti-nanti oleh masyarakat Bengkulu. Berbondong-bondong orang pergi menyaksikan festival tabot tebuang (terbuang) sebuah acara yang sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Bengkulu. Pada hari itu berpuluh-puluh tabot dengan berbagai bentuk dan warna, akan diarak mengelilingi kota lalu dibuang ke tempat pembuangannya.
Tabot (di Pariaman dikenal dengan Tabuik) berasal dari kata tabut (bahasa arab) yang artinya kotak atau peti kayu. festival tabot yang dikenal saat ini adalah serangkaian acara yang dilakukan kaum syi’ah guna mengenang syahidnya Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib, yang gugur dalam perang melawan pasukan Ubaidillah bin Zaid di Padang Karbala, Iran. Husain meninggal dengan tubuh terpisah-pisah karena kekejaman pasukan lawan yang jumlahnya 30 kali lebih banyak dari pasukan Husain.
Tabot dikenal di Bengkulu sejak tahun 1685 pertama kali dicetuskan oleh Syeh Burhandin (Imam Selongo), seorang pekerja dari India yang saat itu bertugas membangun Benteng Malborough di Kota Bengkulu. Selanjutnya beliau menetap dan menikah dengan wanita Bengkulu. Tradisi tabot ini terus diwariskan pada anak dan keturunannya sehingga rutin dilaksanakan tiap tahunnya. Awalnya tabot hanya dikenal di Bengkulu, lalu menyebar ke Painan, Padang, Pariaman, hingga ke Aceh, daerah Moulabuh dan Singkil.namun pelaksanaan tabot di tempat lain tidak berlangsung lama. Sekarang tabot hanya bisa ditemui di Bengkulu dan Pariaman saja.
Pelaksanaan tabot di dua tempat ini memiliki perbedaan namun tetap memiliki maksud yang sama. Pelaksanaan tabot di Bengkulu lebih rapi dan meriah di bandingkan  dengan di Pariaman.
Rangkaian acara dari tabot di Bengkulu dimulai dari pengambilan tanah pada tanggal 1 Muharam, lalu upacara duduk penja (pending jari-jari melambangkan potongan tangan dari Husein.) selanjutnya dilakukan pemasangan kepala tabot. Tabot yang ada saat ini adalah suatu bangunan bertingkat-tingkat yang panjang bagian dasarnya sekitar 1,5 sampai 3 meter. Untuk   tabot adat yang dibuat oleh keluarga tabot (orang sipai, keturunan syeh Burhanudin) bentuk dan ukurannya ditentukan oleh adat dan undang-undang. Sedangkan untuk tabot pembangunan (dibuat oleh selain keluarga tabot) bentuk dan ukurannya bisa lebih bervariasi, tidak terlalu terikat dengan aturan. Setelah tabot selesai, pada malam tanggal 9 Muharram, semua tabot dibawa ke tanah lapang. Malam ini disebut malam tabot besanding atau malam arak gedang. Acara akhir dari rangkaian acara ini adalah arak-arakan tabot tebuang (pagi 10 Muharram). Tabot diarak menuju tempat pembungannya. Sebagian menuju Pantai Panjang, sebagian lagi menuju Karabela yaitu suatu daerah di Bengkulu yang menjadi simbol Padang Karbala tempat Husain meninggal.yang juga merupakan makam Syeh Burhanudin (Iman Selonngo).
Perayaan tabot ini telah mengalami percampuran budaya atau akulturasi antara budaya daerah asalnya dan budaya Bengkulu. Awalnya acara ini dilaksanakan dalam rangka berkabung atas meninggalnya Husain dan untuk memenuhi tradisi keluarga. Namun sekarang perayaan tabot ini lebih menjadi suatu bentuk pelestarian budaya yang ada di Bengkulu, dan untuk menarik minat para turis baik dari dalam maupun luar negeri agar tertarik datang ke Bengkulu. Sekarang tidak hanya keturunan keluarga tabot saja yang merayakannya tapi dari berbagai pihak dan instansi bahkan perusahaan juga turut serta dalam acara ini.
Walaupun kelihatannya sangat berkaitan dengan hari besar islam, dan sebagai rasa berkabung terhadap meninggalnya cucu Rasulullah. Acara tabot ini sebenarnya masih jauh dari budaya / aturan Islam. Hal ini merupakan bid’ah yang tidak ada tuntunan dan ajarannya dalam Islam. Selain itu warga Bengkulu khususya keluarga Tabot yang masih ada saat ini percaya bahwa bila tabot tidak diadakan atau ada prosesnya yang kurang sempurna, maka mereka akan mendapat bencana. Ini merupakan contoh nyata sikap syirik dan pemahaman yang salah dari masyarakat. Ini menunjukkan aqidah yang belum bersih. Selain itu acara tabot juga diikuti oleh berbagai perlombaan, seperti lomba tari, menyanyi,dol, dan berbagai pertunjukan seni lainnya. Mulai tanggal 1 sampai dengan 10 Muharam diadakan pasar Tabot, di tempat tabot besanding. Di sana terdapat banyak orang yang berjualan dan berbagai wahana permainan. Hal ini di lakukan dalam rangka menyukseskan acara Tabot. Itulah sebabnya mengapa festival tabot ini menjadi acara besar yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Bengkulu setiap tahunnya.
Sebagai seorang muslim yang cerdas seharusnya kita tahu bagaimana menyikapi masalah ini. Sesuatu yang melanggar syariat agama sekarang sudah menjadi hal biasa yang dianggap wajib dilakukan. Tabot/Tabuik merupakan suatu acara yang jauh dari kesan Islam walaupun mengatasnamakan agama. Bila kita turut seta berpartisipasi dalam rangkaian acara ini, berarti kita telah membantu menyukseskan festival tabot ini dan menunjukkan rasa dukungan kita terhadap praktik syirik dan bid’ah yang nyata terlihat di tengah masyarakat.

Related Posts:

Macam2 Tarian Daerah Indonesia

1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

2. Tari-tarian Daerah Bali

Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa

3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta

Tart Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.

Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.

5. Tari-tarian Daerah Jambi

Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.

6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah

Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan.

Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

8. Tari-tarian Daerah JawaTimur

Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

9. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat

Tarri Monong, merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi

Tari Zapin Tembung, Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat

10. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan

Tari Baksa Kembang, merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.

Tari Radab rahayu, di pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

11. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah

Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Balean Dadas, Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit.

12. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur

Tari Gong, di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

Tari perang, Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis.

13. Tari-tarian Daerah Lampung.

Tari Jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.

Tari Malinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

14. Tari-tarian Daerah Maluku

Tari Lenso. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku.

Tari Cakalele, adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara

Tari Perang, Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang.

Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

16. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

17. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.

Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

18. Tari-tarian Daerah Papua Barat danTengah

Tari Suanggi, tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

Tari Perang, tari yang melambangkan kepahlawana, dan kegagahan rakyat Papua.

29. Tari-tarian Daerah Papua Timur

Tari Selamat Datang, tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Musyoh, merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.

20. Tari-tarian Daerah Riau

Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

Tori Joged Lambak, adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi

21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan

Kipas, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.

Bosara, merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes.

22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah

Tari Lumense, tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

Tari Peule Cinde, termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.

23. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa, merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.

Tari Dinggu, melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.

24. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket, merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

Tari Polopalo, adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo.

25. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sam.

Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.

26. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Tanggal, merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat.

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan

27. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

28. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta

Tari Serimpi Sangu Pati, sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai

Related Posts:

Tradisi Nyadran masyarakat Jawa




Bagi masyarakat Jawa, kegiatan tahunan yang bernama nyadran atau sadranan merupakan ungkapan refleksi sosial-keagamaan. Hal ini dilakukan dalam rangka menziarahi makam para leluhur. Ritus ini dipahami sebagai bentuk pelestarian warisan tradisi dan budaya para nenek moyang. Nyadran dalam tradisi Jawa biasanya dilakukan pada bulan tertentu, seperti menjelang bulan Ramadhan, yaitu Sya'ban atau Ruwah.

Nyadran dengan ziarah kubur merupakan dua ekspresi kultural keagamaan yang memiliki kesamaan dalam ritus dan objeknya. Perbedaannya hanya terletak pada pelaksanaannya, di mana nyadran biasanya ditentukan waktunya oleh pihak yang memiliki otoritas di daerah, dan pelaksanaannya dilakukan secara kolektif.

Tradisi nyadran merupakan simbol adanya hubungan dengan para leluhur, sesama, dan Yang Mahakuasa atas segalanya. Nyadran merupakan sebuah pola ritual yang mencampurkan budaya lokal dan nilai-nilai Islam, sehingga sangat tampak adanya lokalitas yang masih kental islami.

Budaya masyarakat yang sudah melekat erat menjadikan masyarakat Jawa sangat menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dari kebudayaan itu. Dengan demikian tidak mengherankan kalau pelaksanaan nyadran masih kental dengan budaya Hindhu-Buddha dan animisme yang diakulturasikan dengan nilai-nilai Islam oleh Wali Songo.

Secara sosio-kultural, implementasi dari ritus nyadran tidak hanya sebatas membersihkan makam-makam leluhur, selamatan (kenduri), membuat kue apem, kolak, dan ketan sebagai unsur sesaji sekaligus landasan ritual doa. Nyadran juga menjadi ajang silaturahmi keluarga dan sekaligus menjadi transformasi sosial, budaya, dan keagamaan.

Prosesi ritual nyadran biasanya dimulai dengan membuat kue apem, ketan, dan kolak. Adonan tiga jenis makanan dimasukkan ke dalam takir, yaitu tempat makanan terbuat dari daun pisang, di kanan kiri ditusuki lidi (biting). Kue-kue tersebut selain dipakai munjung/ater-ater (dibagi-bagikan) kepada sanak saudara yang lebih tua, juga menjadi ubarampe (pelengkap) kenduri. Tetangga dekat juga mendapatkan bagian dari kue-kue tadi. Hal itu dilakukan sebagai ungkapan solidaritas dan ungkapan kesalehan sosial kepada sesama.

Selesai melakukan pembersihan makam, masyarakat kampung menggelar kenduri yang berlokasi di sepanjang jalan menuju makam atau lahan kosong yang ada di sekitar makam leluhur (keluarga). Kenduri dimulai setelah ada bunyi kentongan yang ditabuh dengan kode dara muluk (berkepanjangan). Lalu seluruh keluarga dan anak-anak kecil serta remaja hadir dalam acara kenduri itu.

Tiap keluarga biasanya akan membawa makanan sekadarnya, beragam jenis, lalu duduk bersama dalam keadaan bersila. Kemudian, kebayan desa membuka acara, isinya bermaksud untuk mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada warga yang sudah bersedia menyediakan makanan, ambengan, dan lain-lain termasuk waktunya. Setelah itu, Mbah Kaum (ulama lokal) yang sudah dipilih menjadi rois, maju untuk memimpin doa yang isinya memohon maaf dan ampunan atau dosa para leluhur atau pribadi mereka kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

Doanya menggunakan tata cara agama Islam, warga dan anak-anak mengamini. Suasana ceria anak-anak tergambar dengan semangat melafalkan amin sambil berteriak. Selesai berdoa, semua yang hadir mencicipi makanan yang digelar.

Pada saat itu ada yang tukar-menukar kue, ada yang asyik ngobrol dengan kanan-kiri, maklum beberapa warga pulang dari perantauan hadir dalam kenduri. Biasanya Mbah Kaum diberi uang wajib dan makanan secukupnya, sedangkan yang tak hadir atau si miskin diberi gandhulan, nasi, kue yang dikemas khusus kemudian diantar ke rumah yang sudah disepakati diberi gandhulan.

Dari tata cara tersebut, jelas nyadran tidak sekadar ziarah ke makam leluhur, tetapi juga ada nilai-nilai sosial budaya, seperti budaya gotongroyong, guyub, pengorbanan, ekonomi. Bahkan, seusai nyadran ada warga yang mengajak saudara di desa ikut merantau dan bekerja di kota-kota besar.

Di sini ada hubungan kekerabatan, kebersamaan, kasih sayang di antara warga atau anggota trah. Di samping itu, semakin jelas adanya nilai transformasi budaya dan tradisi dari yang tua kepada yang muda.

Mengenai pola keberagamaan yang ada di Jawa, C Geertz (1981) melalui penelitiannya di Mojokerto menghasilkan sebuah konsep keberagamaan masyarakat yang bersifat abangan, santri, dan priayi. Ketiganya merupakan akumulasi dari hasil akulturasi budaya lokal masyarakat, Hidhu-Buddha dengan nilai-nilai Islam. Pola interaksi antara budaya lokal dan nilai Islam menjadikan Islam warna-warni.

Nyadran merupakan ekspresi dan ungkapan kesalehan sosial masyarakat di mana rasa gotong- royong, solidaritas, dan kebersamaan menjadi pola utama dari tradisi ini. Ungkapan ini pada akhirnya akan menghasilkan sebuah tata hubungan vertikal-horizontal yang lebih intim. Dalam konteks ini, maka nyadran akan dapat meningkatkan pola hubungan dengan Tuhan dan masyarakat (sosial), sehingga akhirnya akan meningkatkan pengembangan kebudayaan dan tradisi yang sudah berkembang menjadi lebih lestari.

Dalam konteks sosial dan budaya, nyadran dapat dijadikan sebagai wahana dan medium perekat sosial, sarana membangun jati diri bangsa, rasa kebangsaan dan nasionalisme (Gatot Marsono). Dalam prosesi ritual atau tradisi nyadran kita akan berkumpul bersama tanpa ada sekat-sekat dalam kelas sosial dan status sosial, tanpa ada perbedaan agama dan keyakinan, golongan ataupun partai.

Nyadran menjadi ajang untuk berbaur dengan masyarakat, saling mengasihi, saling menyayangi satu sama lain. Nuansa kedamaian, humanitas dan familiar sangat kental terasa. Apabila nyadran ditingkatkan kualitas jalinan sosialnya, rasanya Indonesia ini menjadi benar-benar rukun, ayom-ayem, dan tenteram.

Nyadran dalam konteks Indonesia saat ini telah menjelma sebagai refleksi, wisata rohani kelompok masyarakat di tengah kesibukan sehari-hari. Masyarakat, yang disibukkan dengan aktivitas kerja yang banyak menyedot tenaga sekaligus (terkadang) sampai mengabaikan religiusitas, melalui nyadran, seakan tersentak kesadaran hati nuraninya untuk kembali bersentuhan dan bercengkrama dengan nilai-nilai agama: Tuhan.

Related Posts:

Cara Memasang Yahoo Messenger di blog

Untuk cara memasangnya gak beda jauh ketika kita memasang widget HTML baru pada Blog kita.







Nah sebelum itu kalian Pilih dulu icon YM sesuai pilihan kalian. Disini ada masing-masing 2 status pasangan, yakni online status dan offline status. Namun apabila kalian kepingin membuat gambar sendiri untuk dijadikan icon YM, baca tutorialnya cara Membuat Icon Status Yahoo! Messenger Dengan Gambar Sendiri


Untuk icon 0-5

Untuk icon 6-8

Untuk icon 9-16

Untuk icon 16-24

Nah, apabila sudah punya pilihan iconnya, sekarang tinggal buka Blogger atau Wordpress saja. 
Silahkan buka Design terus klik Page Elements -->Add Gadget --->klik opsi HTML /Javascript
Setelah itu copas kode dibawah ini:



Id_yahoo_kamu"> Id_yahoo_kamu&m=g&t=0&l=us"/>



Penting: Dari kode script diatas kalian harus mengganti tulisan Id_yahoo_kamu (ada 2 tulisan) dengan ID akun yahoo kamu sebenarnya dan Tulisan t=0 dengan Kode Status yahoosesuai pilihan diatas


Save dan lihat hasilnya...


contoh nya >>



"> said_sempur&m=g&t=14&l=us"/>

Related Posts:

Beli Pulsa Via Online

Pulsa sekarang sudah menjadi kebutuhan yang penting, bahkan bagi sebagian orang, pulsa merupakan kebutuhan dasar seperti makanan. Sekarang, komunikasi tidak lagi sebatas telepon dan mengirimkan pesan singkat semata. Komunikasi dijalin lebih dari itu, apalagi disupport utama oleh ketersediaan internet. Nggak pakai pulsa dalam sehari menjadi hal yang nyaris mustahil jika gadget ada di genggaman (tentu beda ceritanya untuk orang yang nggak pakai hp).
Ketika Kehabisan Pulsa
Pernah mengalami galau ataupun panik dan bingung karena kehabisan pulsa?
“Duh, pulsa habis, mo nelpon nggak bisa, mana dah nggak ada penjual pulsa yang buka. Gimana nih?”
Pernah ngalamin kejadian kayak gitu? Tentu pernah kan?
Atau lagi asik-asik internetan, muncul sms dari provider yang ngabarin kalau masa aktif internet akan habis, atau kuota internet harus diisi ulang.
Kadang-kadang kita ngalamin kondisi kehabisan pulsa reguler, atau dapat peringatan kalau kuota internet akan segera habis. Jika itu terjadi saat tengah malam dan si pemegang hp adalah chatter tulen (baca: hobi banget chatting) pasti galau deh. Hihihihii.. Termasuk saya pernah ngalamin.
Lalu gimana dong? Kalau yang punya langganan temen penjual pulsa si enak kali ya, tinggal sms aja untuk pesen pulsa lalu bayar besok pagi (tapi kalau penjual pulsanya dah tidur saat di sms gimana? Ya alhasil nggak bisa pesen pulsa malam itu juga). Atau kalau emang kebutuhan mendesak banget dan butuh dalam jumlah banyak (minimal 50ribu), bisa beli pulsa via ATM (iya kalau ATMnya deket, kalau jauh?).
Tapi gimana dong kalau misal cuma butuh pulsa 5 ribu doank? Terus nggak ada temen yang jualan pulsa? Solusinya mudah. Beli pulsa via online!
Saya dah buktikan loh. Kamu bisa beli disini. Beli pulsa via online di opulsa caranya sangat mudah, praktis, dan cepat.
Di Opulsa, selain dapat beli pulsa via online, kamu juga bisa membeli voucher game, token listrik, dan voucher tv. Semuanya secara online dengan menggunakan: Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI. Semua transaksi dilakukan secara OTOMATIS (tidak perlu konfirmasi setelah transfer), karena sistem OPulsa telah link dengan Ibanking dan link-link terkait lainnya. Jadi, beli pulsa online di opulsa mudah banget kan.. ;)
Contohnya cara beli pulsa online kayak gini:
Klik link ini Opulsa maka akan muncul lamannya,
1
Pilih “BELI/ORDER” maka akan muncul ‘Form Order”
2
Isi sesuai kebutuhan. Misalnya akan beli pulsa IM3 senilai 12ribu rupiah. Isi nomor hp yang akan diisikan pulsa, lalu tujuan pembayaran yang dikehendaki (misal ke Bank Mandiri). Kemudian klik tombol “BELI”, maka akan muncul informasi pembelian produk seperti ini
3
Jika informasi pembelian produk sudah muncul, kamu akan tahu berapa harga pulsa yang akan kamu beli dan kemana kamu harus membayar. Segeralah transfer sesuai jumlah ke nomor rekening atas nama pemilik yang tertera di informasi pembelian produk tersebut.
Jika sudah, klik “KONFIRM TRANSFER”, dan tunggu pulsanya akan masuk dengan segera (biasanya 1-5 menit kemudian).
Opulsa ini insya Allah terpercaya, karena saya dan partner sudah beberapa kali beli pulsa via online menggunakan jasa opulsa.
Mendadak butuh pulsa? Beli pulsa via online aja!.. ;)
Oh ya, biar mudah, di bookmark aja ini link di bawah ini
Cara bookmarknya yaitu drag aja tulisan “Beli Pulsa Via Online” ke browsermu, jadi muncul kyk gini tampilan di browsermu (lihat yang di lingkarin warna merah).
4
Untuk kamu yang hobi banget BBMan, chatting, dan eksis banget di segala macam social media (FB, twitter, google+, linkedin, YM, we chat, whatsapp, line, kakaotalk, etc) dan hari gini masih galau kalau mendadak kehabisan pulsa? Stop galaumu dengan beli pulsa via online!.. Jangan ngaku socmed mania kalau belum tau bahwa beli pulsa sekarang sudah tersedia banyak di via online :p
Oke, semoga bermanfaat ya!… ;)

Related Posts:

Jadi agen PULSA tanpa modal bersama opulsa

Recomendasi Khusus Indonesia  

(Simple Transaksi)

http://opulsa.com/images/OP.gif

 

Mau beli pulsa via internet?
Mau beli voucher game via internet?
Mau beli token listrik via internet?
Mau beli voucher TV via internet? Mau bayar tagihan
PLN/Telephone/Speedy via internet?
Yang pembayarannya bisa via Bank, Alertpay, Paypal, or Liberty Reserve?

Jika Anda termasuk dalam list pertanyaan di atas,

 ini solusinya untuk Anda..

http://opulsa.com


=====================

RECOMENDASI

OPulsa melayani :
- Isi pulsa murah dan cepat via internet, tidak perlu lagi ke counter HP.
- Pembelian Voucher Game Online, Voucher/Token Listrik, Voucher TV,
dan Pembayaran Tagihan PLN-Telkom-Speedy-Flexi.
- Pendaftaran Agen untuk Anda yang mau jualan pulsa/membuka counter HP

Apa kelebihan OPulsa:

- Pembayaran flexible bisa via Bank (Internet Banking, SMS Banking,
Teller), Paypal, Alertpay, dan Liberty Reserve.
- Transaksi otomatis/instant/tidak perlu konfirmasi
- Transaksi 24 jam

 CARA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN

DAFTAR

Setelah mendaftar langkah pertama

1. Lakukan Transaksi pembelian salah satu produk yang tersedia. 

(TIP ==> kalau anda ragu cari produk yang harganya paling kecil seperti pulsa dengan harga  1000 rupiah saja. )

Dengan transaksi tersebut berarti anda sudah aktifasi sebagai member dan bisa mendapatkan bonusnya

2. Cara mendapatkan BONUS TAK TERHINGGA 

KLIK tulisan MAU BONUS yang terdapat DI WEB 

opulsa.com

ikuti langkahnya berikutnya

 

KESIMPULAN => Jadi anda akan mendapatkan income tambahan dengan modal sangat minim sekali.Seperti yang saya lakukan yaitu hanya mengeluarkan uang sebesar 1000 rupiah untuk membeli pulsa flexy sebagai tanda aktifasi member.  

 

AYO DI COBA ==> FAST RESPOND ADMIN 24 JAM NON STOP

Related Posts: